Tahukah Anda Jika Polusi Menyebabkan Haid Tidak Lancar

Tahukah Anda Jika Polusi Menyebabkan Haid Tidak Lancar

Mungkin sedikit aneh terdengar kalau polusi udara dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur. Bagaimana bisa? Atau apakah hubungannya antara polusi udara dan siklus haid? Bagi Anda yang mungkin belum mengetahuinya Anda dapat membaca penjelasan dalam artikel ini.

Siklus haid yang tidak teratur tentu menjadi masalah bagi Anda. Anda tidak bisa memahami jadwal rutin Anda haid sehingga haid bisa datang tiba-tiba tanpa Anda ketahui. Hal ini akan menjadi masalah besar ketika haid tersebut datang di saat yang tidak tepat sementara Anda tidak membawa pembalut.

Selain itu, siklus haid yang tidak teratur juga dapat membuat wajah Anda berjerawat ketika Anda akan mendapatkan haid. Tentu jerawat menjadi musuh terbesar bagi wanita. Tetapi jerawat hormonal ini memang sulit dihindari dan akan timbul lebih banyak jika siklus haid tidak teratur.

Salah satu penyebab siklus haid tidak teratur adalah polusi udara. Polusi udara yang terpapar dan terhirup pertama kali oleh wanita yang baru pertama kali mengalami haid dapat menimbulkan siklus haid tidak teratur. Hal tersebut juga berlaku bagi remaja putri dengan usia sekitar 14 tahun sampai 18 tahun.

Begini Proses Terjadinya Polusi Udara Sebabkan Siklus Haid Tidak Teratur

Kandungan polutan yang telah terhirup oleh wanita yang umumnya adalah remaja dapat mempengaruhi aktivitas hormon dalam tubuh. Salah satu hormon tersebut adalah hormon androgen yang memiliki peran untuk mengatur panjang siklus menstruasi. Walaupun hormon androgen biasanya ditemukan dalam tubuh pria, tetapi wanita juga ternyata memilikinya walaupun tidak sebanyak yang dimiliki pria. Hal tersebut menimbulkan adanya ketidakseimbangan di dalam tubuh yang kemudian berakibat tidak teraturnya siklus haid.

Remaja wanita yang telah terpapar polusi udara kemudian akan mengalami fase luteal. Di mana fase luteal merupakan fase dalam siklus haid yang biasanya berlangsung 13 hari sampai 16 hari. Hal tersebut berlangsung ketika ovulasi hingga mulainya siklus haid yang berikutnya. Fase luteal yang berubah menjadi pendek membuat siklus haid akan bergeser dan kemudian tidak teratur.

BACA JUGA: Jangan Tunggu Sampai Terkena Kanker, Cegah Dengan Ini

Polusi udara memang tidak dapat dihindari dalam kehidupan sehari-hari, terlebih bagi remaja wanita yang setiap hari harus pergi ke sekolah. Untuk menghindari secara total polusi udara memang dikatakan mustahil. Tetapi Anda dapat menguranginya dengan bepergian menggunakan masker terutama bagi remaja wanita yang tinggal di daerah industri.

Setidaknya hal tersebut dapat mengurangi paparan polusi udara yang masuk ke tubuh dan mengganggu keseimbangan tubuh Anda. Sebab jika dibiarkan saja maka lama kelamaan dapat menyebabkan ketidaksuburan bagi wanita di kemudian hari. Bahkan dapat juga berpengaruh pada masalah lain dalam sistem reproduksi wanita.

Konsumsi Nutrisi Berikut Untuk Mengurangi Efek Buruk Polusi Udara

  • Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang sangat terkenal sebagai anti oksidan yang dapat membantu tubuh Anda dalam menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu keseimbangan tubuh Anda. Vitamin ini sangat mudah Anda dapatkan dari makanan sehari-hari seperti jeruk, jambu, strawberry. Jika Anda ingin cara yang lebih simpel maka Anda dapat mengkonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen yang banyak dijual di supermarket terdekat.

  • Vitamin A

Fungsi dari vitamin A tidak jauh berbeda dari vitamin C yaitu sebagai anti oksidan untuk melawan radikal bebas, tetapi vitamin A juga dapat mengurangi peradangan. Vitamin A ini dapat Anda temukan di beberapa makanan seperti wortel, sayuran hijau, dan lain-lain. Bahkan Anda dapat menemukan vitamin A ini dalam bentuk suplemen makanan yang bisa di dapatkan di apotek terdekat Anda.

  • Asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 berperan sangat penting dalam menangkal berbagai zat polutan yang terpapar dan terserap ke dalam tubuh Anda. Anda dapat menemukan asam lemak omega 3 ini pada jenis makanan kacang-kacangan.

  • Magnesium

Magnesium ini berfungsi untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh Anda. Sistem imun ini dapat membantu Anda untuk tidak mudah terkena penyakit, terutama akibat adanya polusi udara. Selain itu magnesium membantu tubuh Anda dalam melepaskan zat-zat berbahaya dari polusi udara yang sudah terlanjur terserap oleh paru-paru Anda. Magnesium ini dapat Anda temukan dalam makanan sehari-hari seperti sayuran bayam dan buah alpukat.

Ternyata bahaya dari polusi udara tidak hanya sekedar mengganggu sistem pernafasan Anda tetapi bahkan siklus haid Anda. Dalam jangka panjang justru dapat mengganggu kesuburan sistem reproduksi Anda. Tentu hal ini merupakan momok yang sangat mengerikan bagi wanita.

Sebisa mungkin Anda mengurangi aktivitas yang terlalu berdekatan dengan polusi udara sekalipun menggunakan masker. Tidak hanya itu, Anda juga mengimbanginya dengan mengkonsumsi nutrisi penting bagi tubuh Anda. Sebab nutrisi tersebut dapat membantu Anda dalam mengurangi efek buruk yang ditimbulkan dari paparan polusi udara.